Gereja Methodist Indonesia (GMI) Wilayah I akan menggelar Konferensi Tahunan (Konta) ke-79 tahun 2024 selama tiga hari mulai Jumat – Minggu (14-16/6). Namun pelaksanaan Konta Tahun 2024 tidak dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara.
Kali ini Konferensi Distrik (Kondist) 8 yang berada di Pekanbaru, Provinsi Riau, menjadi tuan rumah pelaksanaan Konta sesuai hasil dari Konta Tahun 2023. Sebagai bentuk toleransi di provinsi yang dikenal sebagai bumi lancang kuning, panitia akan menampilkan budaya Melayu saat pembukaan Konta.
“Dipilihnya Pekanbaru sebagai lokasi pelaksanaan Konta adalah hal yang baru. Ini juga bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran yang baru bagi peserta Konta, dimana mereka bisa memahami medan pelayanan di Pekanbaru dengan hadir secara langsung,” ungkap Pimpinan GMI Wilayah I Bishop Kristi Wilson Sinurat S.Th M.Pd saat diwawancarai SIB News Network (SNN), Senin (10/6).

Bishop Kristi Wilson menjelaskan Konta merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan GMI. Konta adalah sarana anugerah untuk mengevaluasi pelayanan yang dilakukan selama 1 tahun ini. “Ini juga tempat untuk mendengarkan laporan dari setiap Kondist dan badan-badan di GMI Wilayah I,” ujarnya.
Lebih lanjut dikatakannya Konta Tahun 2024 mengambil tema “Bersatu membangun tubuh Kristus untuk melayani bangsa”. Tema ini berangkat dari doa syafaat Kristus yang merindukan agar murid-muridNya hingga kepada para pengikutNya di masa mendatang tetap bersatu. “Dengan kesatuan itulah akan bisa membuat tubuh Kristus bertumbuh dengan baik, bersaksi melayani dan melakukan tugas-tugas panggilan gereja untuk melayani bangsa,” terang bishop.

Sementara sub temanya adalah meningkatkan kesalehan individu dan sosial dalam membangun tubuh Kristus untuk menjadi berkat bagi semua ciptaan. Dikatakannya bahwa sub tema ini adalah bagian dari Renstra GMI 2023. “Ketika gereja bertumbuh, dia juga harus bisa menjadi berguna, bermanfaat dan dirasakan menghadirkan hal yang menggembirakan sebagai kabar baik untuk seluruh ciptaan Tuhan,” tuturnya. Karena itu, pokok pikiran GMI di tahun 2024-2025 adalah kesalehan sosial.
Dikarenakan lokasi Konta jaraknya cukup jauh, Bishop Kristi Wilson meminta seluruh peserta untuk menjaga kesehatan dan berdoa Konta berjalan dengan baik.
Sementara itu Pimpinan Distrik 8 DS Pdt James Gurning S.Th MM mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan GMI Wilayah I Bishop Kristi Wilson Sinurat yang telah mempercayakan Konta ke-79 digelar di Pekanbaru. “Kami akan melakukan yang terbaik agar Konta berjalan dengan baik. Dan juga berusaha mewujudnyatakan kebersamaan dalam Brotherhood,” terangnya.
Ketua Panitia Konta LS Ir Oberlin Manurung didampingi Wakil Ketua Pdt Antoni Manurung M.Th, menyatakan panitia telah mempersiapkan segalanya dengan baik, termasuk hotel dan transportasi. “Panitia telah mempersiapkan tiga hotel yakni Hotel Mutiara Merdeka sebagai pusat Konta, Hotel Ameria dan Hotel Bono sebagai tempat menginap para peserta,” jelasnya seraya menambahkan peserta Konta berjumlah 650 orang. (**)